Rabu, 31 Oktober 2012

Objek Wisata Pantai Soka

Pantai Sokamemiliki pemandangan yang indah dan menawan. Pada bagian timur pantai ini akan terlihat Gunung Agung sedangkan disebelah barat pantai terbentang kebun kelapa dan hamparan persawahan yang tertata rapi dengan gugusan perbukitan dan Gunung Batukaru yang mempesona,dipantai ini terdapat sebuah goa yang berada ditebing batu karang yang dinamakan goa Bulung Daya yang dihuni oleh ribuan burung walet.
Selain itu dipantai ini juga terdapat sebuah batu karang dikelilingi pasir dan air laut, berukuran lebih kurang 3 m, disebut "Payuk Kebo Iwa." sementara disebelah baratnya, terdapat batu karang yang persis seperti dapur penduduk asli, berukuran lebih kurang 1 x 20 m.
Tidak jauh dari kawasan wisata ini terdapat Pura Luhur Serijong yang dibangun hampir bersamaan dengan Pura Rambut Siwi di Jembrana dan Pura Tanah Lot yakni pada abad ke XVI Masehi oleh Pedanda Sakti Bawu Rauh. Pada hari raya dan bulan penuh (Purnama) pantai ini selalu dipadati oleh pengunjung dan umat Hindu yang akan melaksanakan upacara keagamaan.
Menurut masyarakat setempat Pantai Soka menyimpan banyak cerita, konon didaerah pantai ini dahulunya terdapat seorang pemuda Bali berbadan tinggi besar, gagah dan sakti mandraguna Kebo Iwa namanya. Saking saktinya dia memanfaatkan pantai ini sebagai dapur dan batu karang di Pantai Soka yang bentuknya menyerupai periuk itu adalah tempat dia untuk memasak.
Masyarakat sekitar bermata pencaharian sebagai Petani dan nelayan, ini bisa terlihat dari banyaknya sawah dan perahu tradisional (jukung) yang berada di kawasan pantai.
Bagi para pengunjung yang senang memancing dapat menyewa perahu pada nelayan setempat, selain itu juga dipantai ini terdapat fasilitas tempat parkir, bungalowdan warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar